Sabtu, 30 Maret 2013

How to be a TRUE FATHER??

1 minggu yang lalu saya meeting pengurus dengan anak2 Fire House Colomadu, saya digerakkan untuk bible study, karena saya melihat kebutuhan anak2 di bawah tentang dasar2 kebenaran Firman Tuhan sangatlah penting. Saya hanya membuka secara acak dan jatuh pada Galatia 4:12-20 tentang kembali ke hubungan yang semula.
Masing-masing anak saya suruh untuk menangkap message lewat perikop tersebut, ada yang nangkep message A, B, C bahkan ada yang bingung.
Ketika saya sendiri membaca dan meresapinya ternyata ada sebuah ayat yang sangat brilian menurut saya, pada ayat 19 dikatakan "Hai anak-anakku, karena kamu aku menderita sakit bersalin lagi, sampai rupa Kristus menjadi nyata di dalam kamu"
Di ayat itu Paulus memanggil jemaat Galatia dengan sebutan "anak2ku". Waktu itu Paulus sedang "mementori atau membapaki" jemaat Galatia supaya setiap jemaat mengalami perubahan hidup.

Ada 2 hal yang harus dilakukan seorang "bapak" rohani yang benar :
1. MENDERITA SAKIT BERSALIN LAGI
Banyak sekali bapak-bapak yang tidak merasakan sakit ketika melahirkan anak-anak rohaninya. Hanya menganggap anak tersebut anak "angkat" (hanya diberikan oleh orang lain, tidak dilahirkan dari rahim rohaninya sendiri). Pembapakan yang benar adalah ketika kita sakit bersalin LAGI sampai anak-anak kita benar2 dilahirkan (mengalami perubahan dan stabil rohani). Ketika kita bersalin kita akan menjaga dan merawat anak itu sampai anak itu bisa dilepas. Seperti seorang ibu kandung pada anak-anak yang dilahirkannya. Apakah saudara sudah merasakan sakitnya bersalin ketika melahirkan anak2 yg kau mentori?

2. SAMPAI RUPA KRISTUS NYATA di dalam anak-anak rohani kita
Banyak sekali konsep pembapakan yang salah yang sering saya temui, dibapaki supaya anak itu tidak "bermasalah" lagi dalam karakter, kerohanian, bayar harga dsb. Dari ayat ini, GOAL pada pembapakan adalah di dalam anak2 rohani kita RUPA KRISTUS DINYATAKAN, bukan hanya mencetak mereka seperti kita, ya at least seperti kita, tp standar yang benar adalah ketika anak-anak kita tersebut hidupnya memancarkan RUPA KRISTUS. Apakah ketika rupa Kristus nyata dlm anak2 tsb, anak2 tsb masih bermasalah dalam banyak hal? I don't think so. Jadi, konsep2 yang masih salah dalam FATHERING harus segera dibenahi.
Selamat menjadi BAPAK ROHANI yang benar!!! Yesus Tuhan!!!

Tidak ada komentar :

Posting Komentar