Kamis, 11 April 2013

Temukan harta karunmu!!!

Baca kitab Yunus pasal 1 sampai 3. Sebuah perenungan yang luar biasa ketika saya membaca kitab Yunus. Cerita Yunus adalah cerita klasik dimana anak sekolah minggu semua tau siapa itu Yunus.. Yunus adalah orang yang diutus Tuhan ke Niniwe tetapi malah pergi ke Tarsus sampai Yunus dibuang dan berada di perut ikan besar selama 3 hari. Itu cerita biasa. Tetapi saya mulai bertanya-tanya "kenapa Yunus sebegitu menolaknya ketika dia diutus ke Niniwe?" dan saya menemukan sebuah fakta bahwa.....

1. NINIWE adalah pusat kota orang Asyur
orang Asyur adalah orang yang berkuasa (saya jadi berfikir kalau Niniwe dimenangkan, mungkin pulau-pulau yang lain juga bisa dimenangkan) tetapi orang Asyur itu BEJATnya luar biasa, bagaimana mungkin ketika berperang semua musuh-musuhnya mereka bunuh sampai mati. Setelah mati, kepalanya dipenggal dan kepala musuhnya tadi mereka gantung di leher mereka. Bayangkan seberapa buruknya kota ini. Saya jadi mikir, pantesan Yunus gak mau diutus ke Niniwe, "wong" kotanya kaya gitu ngerinya. Tetapi sekali lagi Yunus tidak bisa menolak panggilan Tuhan!!.

2. Asyur dan Israel bermusuhan
Satu fakta lagi yang menurut saya membuat Yunus menolak panggilan Tuhan adalah.... Yunus itu orang Israel, saat itu Israel dan Asyur bermusuhan. Saya bayangkan siapa yang mau dikirim ke kota musuh?? Saudara pernah merasakan benci atau kepaitan sama seseorang, mengampuni saja mungkin sulit, lha ini suruh mengabarkan injil pada musuhnya, siapa yang mau? 

Kita tidak pernah tau apa isi Harta Karun yang ada di kota Niniwe, mungkin Niniwe-mu itu sekolahmu atau kota yang tidak pernah kau tau. Tetapi Harta Karun itu untuk orang terpilih, orang yang mau taat mencari harta karun yang akan menemukan harta karun tersebut. Harta Karun cenderung dengan "emas" atau barang berharga lainnya, meskipun harta karun itu terpendam dalam di bawah laut, tetapi belajarlah jangan melihat "betapa sulitnya menemukan harta karun" tetapi mulai belajar berfikir "temukan harta karun" tersebut. Sama seperti Niniwe, meskipun sulit, tetapi isi harta karun yang Yunus temukan di Niniwe adalah KESELAMATAN PULAU NINIWE. Satu pertanyaannya, dimana Niniwemu? dimana harta karun yang Tuhan sudah sediakan untukmu? FIND IT!!

Selamat mencari harta karunnya Tuhan!

Tidak ada komentar :

Posting Komentar