Selasa, 10 November 2020

Fathering is a Marathon

Ken R. Canfield, Ph.D., The National Center for Fathering

"I like to compare the job of a father to that of a long-distance runner. Fathering is a marathon—a long and often trying journey—and we must be disciplined if we hope to finish successfully."

Yitro memberi tahu Musa untuk memilih hakim supaya membantu Musa memberi keputusan atas setiap masalah-masalah yang dialami bangsa Israel. Seorang bapak sangat tau bagaimana dia harus berfungsi dengan baik membantu anaknya yang sedang kewalahan. Dan saat itupun orang-orang Israel belum tentu tau bahwa keputusan Musa mengangkat hakim itu karena saran dari Yitro.

Bapak berbicara tentang fungsi bukan posisi. Fungsi seorang bapak adalah membimbing anaknya sehingga ia sampai ke tujuan. Posisi Yitro saat itu bukanlah seorang raja yang sepantaran dengan Musa. Tapi kebijaksanaannya dan hikmatnya yang membuat dia lebih tinggi dari Musa sehingga dia bisa memberikan saran yang demikian. Secara tidak langsung posisinya yang tidak terlihat ini sebenarnya lebih tinggi dari posisi Musa.

Menjadi Bapak tidak perlu harus kelihatan, tapi dampaknya harus bisa dirasakan. Seorang anak yang juara dalam berlomba. Tidak akan ada yang bertanya nama bapaknya siapa, tapi orang yang menyaksikan lomba tau bahwa bapanya mendidik dia dengan baik hingga anak ini menjadi juara. Dampak nya terlihat ketika anak ini menjadi juara di bidangnya. Itulah seorang bapak.

Dan menjadi bapak bukanlah perkara yang mudah karena menjadi bapak adalah tentang berproses sementara anak sedang didewasakan. Anak gagal, anak jatuh, anak tidak berhasil adalah bagian dari proses pembapakan, proses selesai ketika sang anak sudah sampai tujuan. Oleh karena itu saya setuju dengan apa yang dikatakan Ken tentang pembapakan adalah seperti maraton, sebuah perjalanan panjang dan kita harus mendisiplinkan diri jika kita ingin mengakhirinya dengan baik.

Billy Graham mengatakan "A good father is one of the most unsung, unpraised, unnoticed, and yet one of the most valuable assets in our society." Bapak yang baik adalah bapak yang tanpa tanda jasa, tidak dipuji, tidak terlalu mencolok, tetapi ia adalah aset yang sangat berharga di sekitar kita.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar